5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Beraktivitas - Mengejar Layangan

Breaking

Friday 18 July 2014

5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Beraktivitas

(Tempo)
TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah penelitian mengungkapkan pentingnya kopi bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu mengurangi stres seusai beraktivitas, kopi ternyata berkhasiat untuk meningkatkan semangat. Berikut adalah manfaat kopi jika dikonsumsi pada pagi hari:

1. Memperlancar sirkulasi darah
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan ada perbedaan kelancaran sirkulasi darah antara orang yang meminum kopi sebelum beraktivitas dan tidak meminum kopi. Ilmuwan menemukan aliran darah peminum kopi meningkat 30 persen selama 75 menit, dibandingkan orang yang tidak meminum kopi. Semakin lancar aliran darah, maka semakin banyak oksigen yang mengalir dalam tubuh.

2. Mengurangi nyeri
Ilmuwan Universitas Illinois, Amerika Serikat, mengungkapkan orang yang mengkonsumsi secangkir kopi 30 menit sebelum beraktivitas, mampu mengurangi nyeri otot. Kafein dalam kopi ampuh meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot tubuh.

3. Meningkatkan daya ingat
Sebuah studi Universitas Johns Hopkins juga merilis hasil penelitian, yakni kafein mampu meningkatkan daya ingat, bahkan setelah 24 jam dikonsumsi.

4. Regenerasi Otot
Kafein dalam kopi bisa memulihkan kebugaran dan cedera otot. Zat ini bisa memperbaiki kekuatan otot yang melemah akibat penuaan. Efek ini sangat terlihat pada otot diafragma ketika orang bernapas.

5. Bahan bakar otot
Dalam Journal of Applied Physiology, ilmuwan menyebutkan bahwa kafein juga bermanfaat bagi atlet yang telah melakukan latihan setiap hari. Atlet lebih baik mengkonsumsi kafein dan karbohidrat untuk menghasilkan glikogen yang lebih banyak. Glikogen adalah energi untuk otot.

Meski begitu, konsumsi kopi tetap tidak boleh berlebihan. Jumlah maksimum kafein yang direkomendasikan ilmuwan yakni 6 miligram per kilogram berat badan.

PUTRI ADITYOWATI | HUFFINGTONPOST

Sumber : Tempo

No comments:

Post a Comment

Mengejar Layangan. Powered by Blogger.