Sajian Beda Dari Kopi & Susu Lewat Kopi Sanger - Mengejar Layangan

Breaking

Saturday 30 August 2014

Sajian Beda Dari Kopi & Susu Lewat Kopi Sanger


Aceh memang mempunyai racikan dan jenis kopi yang nikmat. Tak perlu heran karena di sini banyak ditemukan kebun kopi yang menghasilkan biji-biji kopi kelas premium. Selain terkenal dengan Kopi Gayo, di Aceh juga terkenal dengan cara penyajian kopi yang unik. Yaitu Kopi Sanger.

Apa itu Kopi Sanger? Kopi Sanger dibuat dari campuran kopi hitam, gula dan juga susu kental manis. Sekilas bahan racikannya mirip kopi susu biasa. Tapi rasanya akan sungguh berbeda jika kita  mencoba mencicipinya. Hal ini karena untuk meracik Kopi Sanger dibutuhkan takaran kopi, susu dan gula yang cukup pas.

Untuk mengolah Kopi Sanger pun, tidak semua orang bisa membuat cara penyajian Kopi ini, meskipun memang bahannya terlihat mudah dan sederhana. Biasanya  mula-mula kopi akan diseduh dengan saringan kain berbentuk kerucut dan menyerupai kaus kaki. Ini dimaksudkan agar kopi yang dihasilkan tidak menyisakan ampas saat dinikmati dan rasakan di lidah.

Kemudian, setelah disaring, kopi dicampur dengan susu kental dan gula. Setelah itu, campuran ketiganya akan dikocok sedemikian rupa sampai keluar buih. Jadi, kopi yang dihasilkan mempunyai kekentalan yang pas untuk kita nikmati.

Kita pun bisa memilih bentuk cara penyajian kopi ini antara dingin atau panas. Cukup dengan harga Rp 6.000,00 saja per gelasnya. Bagi yang penasaran dengan rasanya, Kopi Sanger ini akan terasa sedikit pahit di ujungnya, pekat dan dengan keharuman yang khas.

Itulah semua yang membedakan Kopi Sanger ini dengan kopi susu atau cappuccino yang biasa kita temukan atau buat di rumah. Kopi Sanger pun hanya bisa temukan di Aceh. Tapi tenang saja, kita tak akan sulit untuk menemukan penjaja Kopi Sanger. Karena banyak kedai atau warung di sepanjang ruas jalan Banda Aceh yang menyediakannya. Karena kopi ini mengandung kafein yang kuat, jadi hindari meminumnya jika kita tidak mau terjaga semalaman. Sudah tak sabar rasakan cara penyajian kopi susu yang berbeda, bernama Kopi Sanger ini?

Source : Kapal Api

No comments:

Post a Comment

Mengejar Layangan. Powered by Blogger.