SEMINAR PEMASARAN - Mengejar Layangan

Breaking

Saturday 25 June 2011

SEMINAR PEMASARAN


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah

Berjalannya waktu membawa perubahan yang terus menerus. Dewasa ini dunia usaha mengalami perkembangan yang sangat cepat. Tidak terkecuali perkembangan di pasar ritel. Bila pada kurang lebih lima tahun yang lalu pebisnis ritel di Bali masih belum merasakan persaingan yang sedemikian ketat, kini keadaan justru membuat pertarungan di bisnis ritel semakin menarik dengan hadirnya para pendatang baru yang tidak bisa dianggap enteng.
Banyaknya jenis usaha sejenis membuat konsumen lebih leluasa dalam memanfaatkan produk dan jasa yang sesuai. Masyarakat dihadapkan pada beragamnya alternatif sehingga lebih selektif dalam menentukan pilihannya. Perkembangan suasana persaingan dan kondisi kehidupan konsumen memaksa pelaku usaha untuk lebih kreatif menciptakan keunggulan-keunggulan. Untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin tajam saja tidak cukup. Strategi yang tepat untuk menembus dahsyatnya pertarungan bisnis adalah dengan memenangkannya.


Upaya yang ditempuh agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran ini merupakan suatu rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu yang dapat memberikan panduan tentang kegiatan yang dilakukan dengan mengefektifkan kebudayaan bauran pemasaran.
Bauran pemasaran merupakan gabungan dari empat variabel dan kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yang terdiri dari produk, harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Variabel-variabel ini disebut dengan 4P (Product, Price, Place, Promotion ) dalam pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan yang bergerak dalam penyediaan barang nyata. Sedangkan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tetap menerapkan 4P tersebut dengan menambahkan 3 variabel lagi yaitu Personel, Fasilitas Fisik(Physical Facilities) dan Proses Manajemen (Management Process). Sehingga bauran pemasaran perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa menerapkan 7P yang harus dikombinasikan dan dikoordinasikan untuk mencapai kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien.


Supermarket Shinta Dewata merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan terutama kebutuhaan rumah tangga. Supermarket Shinta Dewata berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui ketersediaan berbagai jenis produk yang ditawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan konsumen sehingga akan dapat menciptakan loyalitas konsumen dan konsumen akan bersedia untuk melakukan kunjungan ulang kembali. Berikut ditampilkan jumlah volume penjualan Supermarket Shinta Dewata.

Tabel 1.1
Volume Penjualan Supermarket Shinta Dewata
Tahun 2001-2005

Tahun
Pejualan (Rp)
Perubahan  %
2001
751.400.000
-
2002
754.720.000
0,4
2003
756.200.000
0,1
2004
753.320.000
- 0,3
2005
751.000.000
- 0,3
       Sumber : Shinta Dewata

Dari tabel 1.1 dapat dilihat bahwa volume penjualan Supermarket Shinta Dewata bervariasi setiap tahunnya. Secara persentase, peningkatan volume penjualan terjadi pada tahun 2002 (0,4 %), 2003 ( 0,1 %). Tetapi terjadi penurunan volume penjualan yaitu pada tahun 2004 (- 0,3%), dan 2005 (- 0.3 %).
Penerapan bauran pemasaran ini tidak terlepas dari apa yang selama ini dirasakan konsumen. Untuk itu penulis dapat menggunakan konsumen sebagai penentu arah dan penilai dalam pelaksanaan bauran pemasaran perusahaan. Melalui penilaian ini akan dapat diketahui apakah penerapan bauran pemasaran yang selama ini dilakukan sudah mengena pada sasaran atau belum. Dari hasil penilaian konsumen tersebut, akan dapat diketahui kelebihan dan kekurangan bauran pemasaran perusahaan selama ini, sehingga nantinya dapat dilakukan upaya kebijakan terhadap penerapan bauran pemasaran dimasa mendatang.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah :
1.      Bagaimana penilaian konsumen terhadap penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Supermarket Shinta Dewata.
2.      Bagaimana implikasi strategi yang tepat sehubungan dengan hasil analisis penilaian konsumen terhadap penerapan bauran pemasaran pada Supermarket Shinta Dewata.
DOWNLOAD SEMINAR BAURAN PEMASARAN (BAB I - V) DISINI

No comments:

Post a Comment

Mengejar Layangan. Powered by Blogger.